Kamis, 26 Februari 2009

rantai makanan

A. Silanglah (x) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat!

1. Hubungan antara 2 organisme di mana yang satu dapat menghambat pertumbuhan organisme lainnya disebut.......................

a. parasitisme c. mutualisme

b. komensalisme d. antibiosis

2. Ikan badut sering bersembunyi di tubuh anemon laut untuk menghindari musuhnya. Simbiosis antara ikan badut dan anemon laut adalah............................

a. saprofitisme c. komensalisme

b. parasitisme d. mutualisme

3. Bentuk simbiosis antara lebah dan bunga adalah..........

  1. mutualisme c. komensalisme
  2. parasitisme d. saprofitisme

4. Bagaimana sifat simbiosis antara lebah dan bunga tersebut................

  1. saling menguntungkan
  2. saling merugikan
  3. lebah mendapat keuntungan, sedang bunga dirugikan
  4. bunga diuntungkan,sedang lebah tidak terpengaruh

5. Bunga dengan adanya lebah mendapat keuntungan..................

a. menghasilkan madu c. membantu penyerbukan

b. memperoleh madu d. memindahkan putik ke benang sari

6. Simbiosis komensalisme terjadi antara........

  1. tali putri dan pohon inang c. anggrek dan benalu
  2. bunga dan kumbang d. paku sisik naga dengan pohon mangga

7. Kehidupan bersama yang bukan merupakan simbiosis parasitisme adalah...........

  1. bunga Rafflesia dengan tumbuhan yang ditumpanginya
  2. anggrek dengan pohon beringin
  3. benalu dengan pohon jambu
  4. tali putri dengan pohon yang ditumpanginya

8. Kehidupan bersama antara paku sarang burung dan pohon yang ditumpanginya bersifat..........

  1. mutualisme c. parasitisme
  2. komensalisme d. mikoriza

9. Hubungan antara kupu-kupu dan bunga sama dengan hubungan antara...............

a. ulat dan bunga c. kupu-kupu dan burung

b. lebah dan bunga d. burung dan ulat

10. Tumbuhan yang mengambil makanan dari tumbuhan yang ditumpanginya disebut.....

a. benalu c. simbion

b. inang d. pemangsa

11. Jaring-jaring makanan sebagai berikut................

belalang burung

Tumbuhan kupu-kupu ayam ular

tikus

Berapakah jumlah rantai makanan di atas?

a. 2 c. 4

b. 3 d. 5

12. Sekumpulan rantai-rantai makan yang saling berhubungan di dalam suatu ekosistem dinamakan....................

a. piramida makanan c. siklus makanan

b. rantai makanan d. jaring-jaring makanan

13. Tumbuhan ulat burung pipit ular elang pengurai. Dari rantai makanan di atas burung elang berperan sebagai konsumen..............

  1. 2 c. 4
  2. 3 d. 5

14. Jamur digolongkan sebagai.....

  1. konsumen c. produsen
  2. pengurai d. herbivora

15. Pada sebatang tumbuhan jambu, hidup ulat pemakan daun. Ulat tersebut merupakan...

a. produsen c. konsumen pertama

b. pengurai d. konsumen kedua

16. Berdasarkan proses terbentuknya, ekosistem dibedakan atas.........

  1. ekosistem alami dan buatan c. ekosistem danau dan kolam
  2. ekosistem hutan dan kebun d. ekosistem taman dan hutan

17. Hewan karnivora dapat berperan sebagai...............

  1. konsumen pertama c. konsumen pertama dan kedua
  2. konsumen kedua d. konsumen kedua dan ketiga

Untuk soal nomor 18 sampai dengan 21, perhatikan bagan jaring-jaring makanan dibawah ini!

tikus

kucing serigala musang

ayam padi




18. Makhluk hidup mana yang bertindak sebagai konsumen puncak...............

  1. musang c. serigala
  2. kucing d. serigala dan musang

19. Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen kedua adalah................

  1. tikus dan ayam c. kucing dan musang
  2. ayam dan kucing d. musang dan serigala

20. Makhluk hidup yang berperan sebagai konsumen pertama adalah.................

  1. tikus dan ayam c. kucing dan musang
  2. ayam dan kucing d. musang dan serigala

21. Jaring-jaring makan di atas terdiri dari..........

a. 2 rantai makanan c. 4 rantai makanan

b. 3 rantai makanan d. 1 rantai makanan

22. Pasangan makhluk hidup di atas yang bersaing untuk mendapatkan makanan yang sama adalah.......

a. serigala dengan kucing karena sama-sama bersifat sebagai karnivora

b. serigala dengan musang karena sama-sama bersifat sebagai karnivora

c. musang dengan ayam yang sama-sama bersifat sebagai herbivora

d. tikus dengan ayam yang sama-sama bersifat sebagai herbivora

23. Pada suatu aquarium yang bukan merupakan anggota komunitas di tempat tersebut adalah....................

  1. ikan c. hydrilla
  2. siput d. ulat

24. Rantai makanan adalah.......................

  1. Proses makan dan dimakan yang bercabang-cabang
  2. Proses makan dimakan yang yang lurus dan tidak bercabang
  3. Proses makan dimakan yang membentuk seperti anyaman
  4. Proses makan dimakan yang makanannya sering sama

25. Anggota ekosistem laut adalah.........................

a. kuda laut, rumput laut dan air c. ikan tongkol, ular dan lele

b. kura-kura, air dan ikan bandeng d. kepiting, kadal, alga

26. Makhluk hidup yang memperoleh energi dari produsen dan konsumen lain adalah....

a. herbivora c. karnivora

b. insektivora d. omnivora

27. Berikut ini yang termasuk ekosistem alam adalah.................

a. hutan dan kolam c. laut dan danau

b. sawah dan danau d. ladang dan kebun

28. Tumbuhan hijau sering disebut dengan produsen. Artinya tumbuhan hijau......

a. dapat digunakan sebagai bahan makanan hewan di sekitarnya

b. dapat memakan makhluk hidup lain

c. dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan sinar matahari

d. dapat membuat makanan sendiri dengan bantuan energi kimia

29. Selain benalu, tumbuhan yang bersifat parasit pada tumbuhan lainnya adalah.....

a. anggrek c. tali putri

b. paku sarang burung d. sisik naga

30. Makhluk hidup berikut ini yang tidak pernah bertindak sebagai konsumen adalah....

a. kucing c. belalang

b. ayam d. padi

31. Akibat penebangan hutan secara liar adalah....................

  1. produksi pangan akan meningkat karena ladang bertambah
  2. kebutuhan papan bagi penduduk sekitarnya terpenuhi
  3. lingkungan akan lebih subur karena banyak humus
  4. erosi dan banjir akan terjadi terutama di musim hujan

32. Penanaman pohon di tepi jalan raya bertujuan untuk........................

a. Tempat berteduh bagi pejalan kaki

b. Mengurangi polusi udara akibat CO2 bertambah

c. memperindah pemandangan di kota besar

d. mencegah terjadinya erosi di kota besar

33. Usaha untuk mengurangi pencemaran air sungai adalah................

a. membuang sampah industri ke sungai

b. membuang busa detergen ke sungai

c. menanam rumput di tepi sungai

d. pengerukan sampah di sungai

34. Penggundulan hutan akan sangat berbahaya bagi manusia itu sendiri, karena hal ini dapat menimbulkan bahaya......................

a. dapat menimbulkan penyakit yang berasaal dari hutan tersebut

b. binatang buas banyak yang mati

c. manusia akan kehilangan kayu yang sangat diperlukan

d. dapat menimbulkan bahaya banjir dan erosi

35. Tindakan yang perlu dilakukan agar keseimbangan alam terpelihara adalah..........

a. memusnahkan hewan dan tumbuhan

b. membiarkan tanah gundul

c. tidak memburu tanaman dan hewan

d. berburu bebas

36. Berikut ini penyakit yang disebabkan oleh pencemaran udara adalah...........

a. disentri c. asma

b. kolera d. thypus

37. Penggunaan sabun deterjen yang berlebihan dapat menimbulkan pencemaran.........

a. udara c. tanah

b. air d. tanah dan air

38. Berikut ini macam-macam pencemaran, kecuali

a. pencemaran air c. pencemaran tanah

b. pencemaran udara d. pencemaran daratan

39. Kebakaran hutan menyebabkan pencemaran...................

a. udara c. suara

b. air d. tanah

40. Pencemaran tanah menyebabkan.............

a. tanah menjadi subur c. tanah menjadi tandus

b. air tanah menjadi banyak d. tanah menjadi mudah ditanami

B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!

1. Ada sekumpulan makhluk hidup, yaitu: tumbuhan, bakteri, harimau, rajawali, ular, kelinci, rusa, ayam, ulat dan burung kecil. Susunlah jaring-jaring makanan dari ke sepuluh jenis makhluk hidup di atas!

2. Sebutkan 3 macam makhluk hidup yang berperan sebagai pengurai!

3. Sebutkan 5 macam anggota komunitas yang umum terdapat dalam ekosistem sawah!

4. Sebutkan 3 contoh simbiosis komensalisme!

5. Mengapa kehidupan antara kerbau dengan burung jalak disebut sebagai simbiosis mutualisme? Jelaskan!

6. Apa yang dimaksud dengan simbiosis?

7. Jelaskan perbedaan ekosistem alam dan ekosistem buatan!

8. Apakah yang dimaksud dengan konsumen?

9. Apa yang terjadi jika hutan terbakar?

10. Sebutkan sebab-sebab lingkungan dapat berubah!

C. Uji Kompetensi

1. Pada suatu hari sepulang sekolah, Dita melewati rumah pak Hasan. Di halaman rumah tersebut Dita melihat jambu air yang ranum-ranum dan kelihatannya segar sekali apabila dimakan. Kemudian setelah diberi ijin pak Hasan, Dita mengambil beberapa buah, tapi ketika mau dimakan Dita membuang jambu tersebut. Ternyata di dalam jambu tersebut terdapat ulat yang menyebabkan jambu agak busuk. Dari pelajaran di sekolah, Dita tahu bahwa di antara jambu dan ulat terjadi suatu hubungan.

Hubungan apa yang terjadi di antara jambu dan ulat? Pihak mana yang dirugikan dan diuntungkan? Berikan alasanmu?

2. Suatu hari ketika sedang menonton televisi, Dina melihat iklan yang membuatnya berpikir apa yang terjadi. Iklan memperlihatkan keadaan sungai yang berair keruh, kotor dan agak kehitaman, kemudian di tepi sungai terlihat seorang ibu membuang sampah seenaknya dan seorang kakek sedang buang air besar dengan tenangnya. Keadaan air yang seperti itu tidak membuat beberapa ibu takut menggunakannya, karena mereka ada yang mencuci beras, mandi, mengambilnya untuk air minum dan mencuci pakaian. Kemudian Dina juga melihat banyak anak yang terkena penyakit kulit, berperut buncit, kotor dan kurus kering.

Berdasarkan tontonan tersebut dapatkah kalian membantu Dina mengenai pertanyaannya? Apa yang telah terjadi pada air sungai tersebut? Mengapa hal itu bisa terjadi? Apa dampak keadaan sungai tersebut bagi kesehatan penduduk sekitar sungai?

3. Setiap sore Melia membantu ibu untuk menyiram taman bunganya yang indah. Di taman tersebut terdapat bermacam-macam bunga, ada bunga mawar, melati, kenanga, dan anggrek. Setiap menyiram bunga Melia senang sekali karena bisa melihat kupu-kupu yang cantik hinggap di bunga-bunganya. Melia tidak pernah mengganggu kupu-kupu itu dengan mencoba menangkapnya, karena Melia tahu bahwa ada hubungan antara kupu-kupu dan bunganya.

Hubungan apa yang terjadi antara kupu-kupu dan bunga? Mengapa?

4. Setiap liburan sekolah Arya selalu pergi ke rumah kakeknya. Ia merasa senang karena bisa jalan-jalan dan makan di sawah. Ketika Arya makan di dangau bersama kakeknya, dia melihat beberapa ekor burung kecil sedang makan padi, tapi langsung pergi setelah dihalau. Setelah makan Arya berjalan-jalan, ia kaget sekali ketika di semak-semak melihat seekor ular memakan tikus. Arya juga melihat pembur membawa pulang burung-burung yang ditembakinya. Arya senang sekali pergi ke sawah karena dia bisa melihat belalang, nyamuk, katak dan cacing.

Dari pengalaman Arya buatlah 2 rantai makanan? Hewan apa yang berada paling puncak? Hewan apa yang berperan sebagai pengurai?

5. Lihatlah gambar di bawah ini!

Pada kolam hias tersebut sebutkan anggota ekosistemnya? kolam hias termasuk ekosistem alami atau buatan? Mengapa?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar